Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi : Kelas 5 Tema 9 - IPS






Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis. Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik.

Jika secara astronomis, Indonesia terletak di 6 derajat LU (Lintang Utara) - 11derajat LS (Lintang Selatan) dan 95 derajat BT (Bujur Timur) - 141 derajat BT (Bujur Timur).

Berarti Indonesia memiliki letak geografis dan letak astronomis, ya.

Sedikit definisinya:
Letak geografis adalah letak di mana suatu daerah itu dilihat dari kenyataannya di bumi dan menentukan pula letak posisi antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur.

Adapun pengaruh letak geografis Indonesia ialah mendapat angin laut yang membawa banyak hujan. Hal ini pula yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Selain itu, letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali.

Dan, pengaruh letak astronomis Indonesia ialah berada di wilayah dengan iklim tropis yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut: curah hujan tinggi, terdapat hutan hujan tropis yang luas, sinar matahari sepanjang tahun, dan kelembaban udara yang tinggi. Dan juga, Indonesia jadi memiliki 3 bagian waktu, yaitu: WIB, WITA, dan WIT.

- - -

Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai.  Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan.

- - -

update 11 Mei 2020


Manusia mempunyai beragam kebutuhan untuk melanjutkan kehidupannya. Untuk memenuhi beragam kebutuhan tersebut, manusia melakukan kegiatan yang disebut kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi setiap orang berbeda-beda tentu saja sesuai kemampuan masing-masing. Ada orang yang bekerja sebagai petani yang memproduksi bahan pangan. Ada orang yang membuat pakaian untuk dijual dan diperdagangkan.

Petani membutuhkan pakaian dan pedagang pakaian membutuhkan pangan. Jadi jelaslah bahwa perbedaan kegiatan ekonomi dalam masyarakat sangat mendukung dapat terpenuhinya semua kebutuhan manusia dengan cara saling bekerja sama.

Perlu disadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari, tidak seorang pun yang bisa memenuhi sendiri semua kebutuhan hidupnya tanpa bekerja sama dengan orang lain. Kegiatan ekonomi dapat diwujudkan dengan membuka berbagai jenis usaha.

Apa sajakah bentuk usaha dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia? Berikut berbagai usaha dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.

  1. Pertanian
  2. Perkebunan
  3. Peternakan
  4. Perikanan
  5. Kehutanan
  6. Pertambangan
  7. Perindustrian
  8. Perdagangan
  9. Jasa

- - -

Sumber:
Buku Siswa Kelas V Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita
Galih Setio Utomo
Galih Setio Utomo Guru. Blogger.

23 komentar untuk "Materi : Kelas 5 Tema 9 - IPS"

  1. WIT,WIT WIT WIT WIT,WIT WIT WIT WIT HEHE

    BalasHapus
  2. kang sekolah dan mau melihat teman,teman

    BalasHapus
  3. Waah mntep niih, mayan buat saya belajar niih hhe
    Btw nitip ya mas wWw.Techdefault.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Nama : Sharefa El Shabiyyah K
    Kelas : 5A

    Bentuk Usaha : Perdagangan

    Perdagangan adalah semua hal yang berhubungan dengan jual beli. Dalam perdagangan ada perpindahan hak milik, perdagangan membeli barang atau jasa dari suatu tempat pada waktu tertentu, kemudian menjualnya ketempat lain.
    Tanpa adanya perdagangan setiap orang harus memproduksi sendiri segala kebutuhan hidupnya. Dengan adanya perdagangan, produsen menjual hasil produksinya kedapa konsumen.

    BalasHapus

Mari bergabung dengan 46.355+ pembaca blog ini