Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tegah saat Pandemi




Mungkin, saat anda membaca tulisan ini kondisi negeri kita sudah usai dilanda pandemi, atau jangan-jangan masih belum.

Ya, menjadi suatu keharusan hidup rukun dalam bermasyarakat.

Juga, kita sebagai manusia adalah makhluk sosial. Artinya, makhluk yang tidak dapat hidup sendirian.

Tapi, di masa pandemi begini, bagaimana caranya kita bersosialisasi dengan tetangga?

Untuk dapat bersalaman saja sudah tidak dianjurkan.

Iya kalau mengikuti aturan, mau ikut anjuran.

Shalat di masjid saja tidak dianjurkan lagi.

Apalagi untuk sekadar kumpul-kumpul, makan bersama, hmmm.

Boleh, tapi pakai masker.

Gambar ilustrasi di atas adalah karya murid saya, ketika belajar di rumah saja.

Bagus, namun kalau kamu perhatikan dengan saksama pasti mengira ada kesalahan penulisan.

Seharusnya tengah, malah tegah.

Saya pun demikian, bertanya kepada murid yang bersangkutan. Jawabnya iya, mengantuk.

Begini, dari hal itu membuat rasa penasaran dalam diri saya dan mencari arti kata tegah.

Ternyata yang muncul ialah, kata tersebut memiliki arti "yang tidak dibenarkan atau larangan atau pantangan."

Ternyata kesalahan yang kita sadari belum tentu murni keambyaran.

Ada makna yang masih sejalan dengan maksud dari tulisan pada gambar tersebut.

Baiklah, berikut Apa-apa yang Tidak Dibenarkan Saat Pandemi.

TIDAK CUCI TANGAN

Sepele memang, timbang cuci tangan ge. Apa susahnya?

Ya, dong. Jangan dimain-maini air dan sabunnya. Nanti kamu diomeli loh sama pak Guru.

Apalagi kalau kamu makan itu sabun, nanti kamu keracunan.

Sabunnya dipakai buat cuci tangan. Minimal 20 detik ngucek-ngucek tangannya.

Kenapa? Karena sabun mengandung (..1..) untuk menghancurkan kuman-kuman yang menempel pada tangan.

TIDAK KOMPAK

Kalau zaman dahulu dalam rangka merebut kemerdekaan para pejuang kan kompak melawan penjajah, bersatu untuk merdeka.

Kompaknya sekarang dalam masa pandemi ialah tetap di rumah aja.

Dengan begitu kita bisa segera terbebas dari pandemi ini, dengan segera.

Kalau pun darurat mau keluar rumah, ingat ya, untuk alasan darurat saja, seperti membeli bahan makanan untuk dimasak atau membeli air minum.

Setelah keluar ya perhatikan anjurannya, kalau keluar pakai masker.

TIDAK PAKAI MASKER

Memangnya ada ras manusia tipe apa bisa yakin tidak bakal kena pandemi?

Pakailah masker, o ya, perhatikan juga cara pakai masker.

Ada yang kebalik pakai masker, ada yang salah posisi malah dipakai buat masker siang dan malam, atau dipakai di mata. Jangan ya.

Pakailah masker dengan benar, dan ikuti aturan penggunaan seperti kalau masker kain habis pakai, cuci.

TIDAK BETAH DI RUMAH

Betah dong, di rumah aja. Kita bisa sukses di rumah kok.

Belajar, menggambar, mengaji, ada waktu sendiri yang banyak untuk melakukan kebaikan.

Intinya sih berkarya, kalau enggak ngapa-ngapain di rumah ya bakal (..2...).

TIDAK SEMANGAT

Semangat itu datangnya dari diri sendiri.

Kita mesti semangat, kalau enggak semangat bisa semangati orang lain.

Biar kita semangat.

Ngapain kek, lakukan hal yang beda di rumah.

Kalau kita tidak semangat, kita harus melakukan (..3...)


- - -

Sederhanakan ala kadarnya yang bisa kita lakukan, yuk lakukan!

- - -

Pada tulisan di atas, ada beberapa kata yang hilang. Bisa bantu saya melengkapinya di kolom komentar?

Pasti banyak jawaban berbeda.

Syaratnya, tidak boleh sama dengan yang sudah menjawab.

:)



Salam.
- Guru Galih -
Galih Setio Utomo
Galih Setio Utomo Guru. Blogger.

49 komentar untuk "Tegah saat Pandemi"

  1. 1.sabun mengandung (antiseptik)
    2.dirumah bakal(bosan)
    3.kalau kita tidak semangat kita melakukan(olahraga)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horeee pertamaa!!!! Selamat. Youre the first comment!!!

      Hapus
  2. 1.Kenapa? Karena sabun mengandung (..1..) untuk menghancurkan kuman-kuman yang menempel pada tangan.

    Intinya sih berkarya, kalau enggak ngapa-ngapain di rumah ya bakal (..2...).

    Kalau kita tidak semangat, kita harus melakukan (..3...)

    1.antiseptik
    2.jenuh
    3.refreshsing

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor 1 dah dijawab, nomor 3 ga jelas refreshingnya ngapain

      Hapus
  3. 1.sabun mengandung (zat pembersih) untuk menghancurkan kuman-kuman yang menempel pada tangan

    2.kalau enggak ngapa-ngapain di rumah ya bakal (rebahan)

    3.kalau kita tidak semangat,kita harus melakukan (ngabuburit di rumah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw santuy sekali anda. Hidupnya rebahan trus wkwkw

      Hapus
    2. Hidup itu harus santuy, kalo kekencengan nanti remnya blong wkwkwkwkw 😁😁

      Hapus
    3. Bagus tuh ndi buat quotes haha

      Hapus
  4. Yasmin Saniah Dewi
    5B

    1. Sabun mengandung anti bakteri
    2. Jenuh
    3. Aktifitas kegiatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor 2 dah dijawab sama, nomor 3 ga jelas apaan kegiatannya

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. (..1..)Sabun mengandung minyak nabati dan lemak

    (..2..)Jenuh dan bosan

    (..3..) Melakukan kegiatan yang membuat kita menjadi semangat

    BalasHapus
  7. Sabun mengandung antiseptik untuk menghancurkan kuman kuman yg menempel.

    Kalo gak ngapa-ngapain di rumah ya bakal bosen

    Kalo kita tidak semangat,kita harus melakukan hal yang baik dan bikin semangat lagi 👍😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor 1 dan 2 sama ama temannya, nomor 3 ga jelas hal apa

      Hapus
  8. Nadhira, 5b

    1.anti septik
    2. Jenuh
    3. Melakukan kegiatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor 1 dan 2 sama ama temannya, nomor 3 ga jelas kegiatan apa

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. 1.antibakteri
    2.senang
    3.aktivitas

    BalasHapus
  11. Nama : muhammad farel saputro
    kelas :VA
    1.sabun mengandung (antiseptik )untuk mengancurkan kuman -kuman yang menempel pada tangan.


    2.kalau enggak ngapa-
    ngapain ya bakal (berkarya #dirumahsaja).

    3.kalau tidak semangat kita harus melakukan (aktivitas ).

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor 1 sama kaya temannya, nomor 3 aktivitas apaa

      Hapus
  12. 1.setiap ada matahari manusia wajib (berjemur)
    2.sabun untuk membersihkan kuman
    3.kalo bosen dirumah jaga adiknya aja kalo nggak rebahan.

    BalasHapus
  13. Raissya VB

    1.antiseptik
    2.bosen
    3.hal yg membuat kita semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 dan 2 sama kaya temannya, nomor 3 hal apa yang jelas dong

      Hapus
  14. Kenapa? Karena sabun mengandung (..1..) untuk menghancurkan kuman-kuman yang menempel pada tangan.

    Intinya sih berkarya, kalau enggak ngapa-ngapain di rumah ya bakal (..2...).

    Kalau kita tidak semangat, kita harus melakukan (..3...)

    1. antiseptik
    2.bosen dan jenuh
    3.aktivitas yang membuat semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 dan 2 sama kaya temannya, 3 apa itu aktivitasnya

      Hapus
  15. Nama: arya dharma setiawan
    Kelas :Va
    Absen: 6
    (...1...) sabun mengandung minyak nabati dan lemak

    (..2..) jenuh dan bosan

    (..3..) melakukan kegiatan yg
    Membuat kita menjadi semanggat

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Nama oktova

    1mencuci tangan dengan sabun cara yang mudah (sabun mengandung antiseptik

    2 bosan dirumah carilah kegiatan yang ada di dalam rumah

    3 bikin semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. smaa jawabannya sama temannyaa, kurang kreatif dan di luar nalar haha

      Hapus
  18. 1. Sabun mengandung antiseptik
    2. Agar tidak bosan
    3. Aktifitas yg menggembirakan

    BalasHapus
  19. NAMA:VIKA
    KLSVA
    1.ANTISEPTIK
    2.BOSEN DAN JENUH
    3.HAL YANG MEMBUAT KITA SENANG:MENGGAMBAR

    BalasHapus
  20. -Pakai masker terbalik tidak apa apa yang penting mencegah virus tsb

    - tidak bisa cuci tidak apa apa yang penting bawa handsanitizer kemana mana

    BalasHapus
  21. NAMA:VIKA
    KLS:VA
    1.ANTISEPTIK
    2.BOSEN DAN JENUH
    3.HAL YG MEMBUAT KITA SENANG:MENGGAMBAR

    BalasHapus
  22. 1. Antiseptik
    2. Jenuh/bosan
    3. Melakukan kegiatan

    BalasHapus
  23. 1. Karena sabun memiliki sodium tallowate yang berasal dari lemak sapi
    2. Gabut, bosen, boring, mati rasa
    3. Main game, dan tidur

    BalasHapus
  24. Bilqis shaleeka a. 5B

    Sabun mengandung ( antibakteri ) untuk menghancurkan kuman - kuman yg menempel pada tangan

    Intinya sih berkarya, kalau enggak ngapa-ngapain di rumah ya bakal ( gak betah dirumah )

    Kalau kita tidak semangat kita harus ( melakukan aktifitas yg bikin semangat )

    BalasHapus
  25. 1.Karena sabun mengandung:Racun yang dapat membunuh kuman
    2.kalau nggak ngapa ngapain dirumah:ya bakal diomelin sama mamah
    3.kalau gak semangat kita harus:mandi biar seger dan semangat lagi.
    Rahmah azizah

    BalasHapus
  26. Cheline D.S. VB
    1. Water.
    2. Tidak berkembang.
    3. Kita harus melakukan kegiatan yang kita sukai agar rasa semangat itu bangkit kembali contohnya kegiatan yang saya sukai seperti menari dan menyanyi.

    BalasHapus
  27. Nadya alya .m.
    5b

    1.ANTIDEPTIK
    2.BOSEN
    3.MELAKUKAN KEGIATAN AGAR TIDAK BOSEN

    BalasHapus
  28. 1. Anti Bacterial
    2. Bete
    3. Main game

    BalasHapus
  29. Ocha
    Vb

    1. Antiseptik.
    2. Bete, main game.
    3. Mainan Lego dan tidur.

    BalasHapus
  30. Elzami Hilal Basysar
    5A

    ( 1 ). Sabun mengandung = Anti Kuman
    ( 2 ). Di rumah enggak ngapa-ngapain bikin= BETE
    ( 3 ). Kalau tidak semangat kita harus melakukan= Sesuatu yang kita sukai seperti hobi kita

    BalasHapus

Mari bergabung dengan 46.355+ pembaca blog ini