Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minuman Rempah-rempah


Haii para murid...


Bapak mau cerita dikit soal minuman sehat.


Tahukan kamu dulu penjajah ingin menguasai Indonesia karena begitu kaya akan rempah-rempah.


Kebiasaan bapak tiap pagi bikin ramuan aneh-aneh dari rempah-rempah tersebut.


Selain menyehatkan, dan juga enak. Emang si perlu pembiasaan.


Hehe.


Udah ga zamannya lagi minuman sasetan, coba kita buat minuman sendiri yuk.


Bapak sih dapat nama minuman ini ialah resep ultimate.

Bahannya apa ya?

Jahe, kunyit, sereh, madu, air.


Cara buatnya?

Rebus air hingga mendidih.

Sambil kita bersihkan kunyit, jahe, dan sereh. Potong kecil-kecil.

Setelah air mendidih masukan kunyit, jahe, dan sereh.

Tunggu beberapa saat air merebuh remoah-rempah tersebut.

Lalu, matikan kompor. Tuang ramuan dan saring ya jangan lupa.

Hmmm. Jangan langsung seruput nanti melepuh mulut kamu.

Sabar. Diamkan sejenak. Kira-kira sudah hangat, masukan madu sesuai selera.

Aduk deh. Hmm..

Siap diminum.

Solusi kalau tidak ada madu. Biasanya bapak pakai gula merah tapi sekalian direbus gitu.

Biar ada manis-manisnya gitu.


Kamu boleh bikin yang sama kaya bapak buat atau bikin resep sendiri. OKE.

Galih Setio Utomo
Galih Setio Utomo Guru. Blogger.

34 komentar untuk "Minuman Rempah-rempah"

  1. Assalamualaikum pak galih saya lintang dari kelas 5a...saya sudah mencoba membuat minuman dari rempah rempah dan sudah meminumnya rasanya menurut saya enak..makasih pak galih..wassalamualaikum

    BalasHapus
  2. Nama: Ahan Mahadi
    Kelas: 5 A

    Rasanya itu seperti Pait bercampur dengan Asam Dan rasanya itu badan kita terasa Hangat

    BalasHapus
  3. ASSALAMUALAIKUM pak galih
    Cerdas ramah berakhlak mulia
    Nama :Rafi kenzie
    Kls 5B
    Rasanya Seperti pait dan asam tetapi hangat di dalam perut

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Pak, setelah membuat minuman rempah dari bahan jahe,kunyit, sereh, gula merah, sedikit kayumanis, rasanya, ada rasa manis, sedikit pedas dr jahe, rasanya khas seperti minuman tradisional

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum pak galih
    Saya sultan kelas 5 A
    Menurut saya rasa minuman nya enak ,bikin hangat di tenggorokan

    BalasHapus
  6. Assalamuallaikum pak galih saya shafarida dari kelas 5b....saya sdh mencoba membuat minuman herbal dr rempah-rempah dan saya jg sdh merasakn ya,,rasa ya enak dan nikmat dan jg bs membuat badan kita menjadi segar krn aroma dr jahe.
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga Pak Galih sehat selalu.. amiin
    Arjuna Alfatih kelas VB

    Rasanya sedikit getir dan pedas dikit. Karena madu sedang habis jadi pakai gula merah. Ibu suka bikin ramuan rempah kayak pak galih, tpi saya sama adek g doyan. Kadang suka dipaksa minum sedikit hehe

    BalasHapus
  8. Assalamuallaikum pak galih saya shafarida dari kelas 5b....saya sdh mencoba membuat minuman herbal dr rempah-rempah dan saya jg sdh merasakn ya,,rasa ya enak dan nikmat dan jg bs membuat badan kita menjadi segar krn aroma dr jahe.
    Terima kasih

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum Pak
    Nama : Ryvano Wibowo
    Kelas : 5B
    Rasa nya ada rasa manis dan pedas

    BalasHapus
  13. Nama Rafa Ramadhan
    Kelas 5B

    Assalamualaikum pak Galihalih..minuman rempah-rempah ini rasanya mantap..hangat ditenggorokan,aroma jahe merah dan sereh wangi seger,rasa madu+sedikit gula merah manis...
    Awalnya dikira pahit..tp pas nyobain seger dan sampai keringetan..hangat dibadan...
    Terimakasih pak Galih resepnya.

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pak Galih , saya Safina
    Dari kelas 5B , saya sudah membuatnya
    Dan rasanya ada pahit pahitnya dan asam,
    Tapi itu bikin perut hangat.

    Terimakasih pak Galih

    BalasHapus
  15. Nama : Raihan Akbar (5A)
    Assalamualaikum pak Galih. Saya sudah mencoba minuman jahe + gula merah nya. Rasanya sedikit pedas, manis dan hangat di tenggorokan.

    BalasHapus
  16. Nama: Raja
    Kelas:5b
    Assalamualaikum PakπŸ™
    Saya sdg mrncoba ramuan rempah rempah,rasanya menghangatkan tubuh n tubuh lebih fit.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum pak

    Nama:aisyahputri
    Kls:5A
    Rasanya ada rasa pait ,asem,agak manis dikit

    Mksh pakπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum pak Galih, saya zaskia kelas 5A, saya sudah membuat rempah-rempah, rasa nya pahit dan asam.. Tapi hangat di perut..

    Terima kasih pak Galih....

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum pak Galih
    Nama : Asty Chairunnisa ( 5a )
    Setelah minum ramuan badan terasa hangat dan sangat nikmat apalagi d campur pakai madu,terima kasih pak Galih sudah berbagi ilmu.

    BalasHapus
  20. Nama elvira widia k
    Kelas 5b

    Minuman rempah rempah
    Rasa nya enak ada hangat hangat nya saya suka kalo yang minum ke tagin dah enak bangat

    BalasHapus

  21. Assalamualaikum pak Galih. Saya sudah mencoba minuman jahe + gula merah nya. Rasanya sedikit pedas, manis dan hangat di tenggorokan.

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum pak Galih
    Saya sudah meminum annya pak rasanya enak berasa rempahnya dan bisa menghangatkan tubuh sampai kringetan minumnya pokoknya joooosπŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum Pak
    Saya hazzel 5A
    Rempah yg saya buat rasanya enak
    Ada asamnya.manisnya.dan hangat ditenggorokan

    BalasHapus
  25. Nama:M.Raihan
    Kelas:5A
    Rasanya manis asem enak segar

    BalasHapus
  26. Em...nikmat...apalagi diminum sore_sore turun hujan lagi...πŸ˜…πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  27. Assalammualaikum...pak Galih minumannya enak sekali,minumannya seger dan hangat ditenggorokan,enak buat perut.rasanya manis, pedas
    untuk menghangatkan perut,dapet juga untuk menyembuhkan orang yang sedang sakit...Terima kasih Pak Galih atas pelajaran yang pak Galih berikan kepada,para murid

    BalasHapus
  28. Cerdas Ramah Berakhlak Mulia...
    Haloo Pak Galih...

    Rasa minuman yang terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia memang sangat unik. Tetapi khasiatnya sangat banyak bagi tubuh manusia.

    Terima kasih pak.πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  29. Assalamuakaikum pak nama saya alicia syafa ghany


    Saya ingin mengkasih tau rasa minuman rempah rempah nya


    Rasanya pahit dan manis pak

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum pak galih
    Nama safanur Alfi syahr
    Kelas 5b
    Saya sudah mencoba dan rasanya manis dan agak pedas pedas tapi rasanya tetap enak kok dan rasanya sangat unik.apalagi minuman ini khas dari Indonesia dan terbuat dari rempah rempah yang alami.

    TerimakasihπŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  31. Cerdas Ramah Berakhlak Mulia...
    Haloo Pak Galih...

    Rasa minuman yang terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia memang sangat unik. Tetapi khasiatnya sangat banyak bagi tubuh manusia.

    Terima kasih pak.πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum pak Galih
    Nama : Asty Chairunnisa (5a)
    setelah mencoba ramuan dan di minum badan terasa hangat walaupun rasanya pedas jahe tapi enak apalagi di campur madu,terima kasih pak telah berbagi ilmu.

    BalasHapus
  33. Nama : Aulia Maharani
    Kelas : 5A
    Minuman yg saya buat rasanya tidak seperti minuman sachet. Setelah minum badan jadi segerr.

    BalasHapus
  34. Nama:Aditya Nurkhatami
    Kelas:5B
    Asallamuallaikum pak
    Rasa minuman yg saya buat seperti warna air teh biasa dan Saat sudah meminum nya saya merasa segar

    BalasHapus

Mari bergabung dengan 46.355+ pembaca blog ini