Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Belajar Seru 2020



Selaku seseorang guru, saya kerap mendapatkan banyak murid yang kesusahan dalam belajar. Sementara itu sarana buat belajar telah terjamin. Spesial di SD Negeri, seluruh bayaran sekolah telah ditanggung pemerintah.

Oh, jangan-jangan gurunya yang kurang cakap dalam mengelola pembelajaran.

Lebih bahaya bila terdapat guru yang kurang cakap, kemudian tidak sadar dengan kekeliruannya tersebut.

Lebih serta lebih bahayanya lagi terdapat guru yang tidak ingin tingkatkan keahlian dirinya.

Untuk itu, saya bakal membahas 5 kiat melaksanakan pendidikan yang seru.

Pertama, membangkitkan semangat.

Saat sebelum proses belajar mengajar diawali, cobalah buat membangkitkan semangat murid dengan melaksanakan hal- hal yang mengasyikkan semacam, bernyanyi ataupun meneriakkan yel- yel.

Hal ini dimaksudkan supaya nantinya murid lebih siap buat belajar. Metode ini memanglah terkesan simpel tetapi akibatnya sangat bagus untuk menghasilkan suasana belajar yang seru.


Kedua, pakai game buat belajar.

Murid SD itu bahagia dengan bermain. Oleh sebab itu, guru juga dapat mempraktikkan sistem pembelajaran yang seru untuk anak.

Guru dapat menjumlahkan mainan satu per satu untuk mengajarkan perhitungan. Dengan begitu anak hendak lebih gampang memahaminya.


Ketiga, pakai media audio visual.

Sesekali supaya murid tidak mudah bosan kala belajar, kita selaku guru butuh pula memfasilitasnya dengan media audiovisual. Kita dapat carikan di internet, media pembelajaran audiovisual yang terpaut ini.

Dengan metode ini anak hendak lebih semangat buat melaksanakan pembelajaran.


Keempat, interaktif kepada murid.

Kita bisa interaktif, ini berarti terdapat komunikasi aktif antara guru dengan murid, antara media pembelajaran dengan murid, ataupun antara murid dengan murid.

Sehingga dari hal tersebut guru wajib mampu mendesain pembelajaran yang dapat menampakkan komunikasi aktif sepanjang pembelajaran.


Kelima, mengendalikan waktu belajar.

Ini merupakan hal penting untuk murid, supaya di masa yang akan datang dapat mengendalikan waktunya.

Dari hal waktu masuk serta pulang sekolah, mengerjakan tugas yang diberikan guru, waktu istirahat, waktu sungguh-sungguh belajar, hingga waktu bercengkrama bersama.

Demikian yang bisa saya ulas, mudah-mudahan bisa berguna buat pembaca.

Adanya wabah Covid-19 akan mengubah tatanan pembelajaran di kelas-kelas, tentu dari 5 kiat di atas bisa diterapkan sesuai pada porsinya.

Ingat berkomentar, ya.

Salam.
Guru Galih
Galih Setio Utomo
Galih Setio Utomo Guru. Blogger.

4 komentar untuk "Kiat Belajar Seru 2020"

  1. Yap, apalagi generasi alpha yang sejak dini sudah berada ditengah perkembangan teknologi, cara konvensional jadul ala dulu-dulu harus segera beradaptasi dgn perkembangan zamannya. Anak era dulu tidaklagi sama dgn anak zaman sekrang, kurikulum harus segera menyesuaikan.


    Sebelumnya saya bukan bermaksud sok menggurui, namun hanya berbagi saja, saya tertarik karena blog ini sudah memakai template linkmagz secara legal (afiliasi sudah aktif).

    Terkait penulisan blog, agar lebih enak dipandang, dan lebih oke dalam aspek SEO.

    Artikel bisa menggunakan subheading dalam hal ini H2, agar struktur artikelnya bagus.

    Kemudian artikelnya lebih diperkaya dengan informasi, saat saya cek menggunakan ahrefs toolbar, artikel ini memang sudah berada di angka 500 an kata, tapi ada baiknya tiap bagian itu, misalnya :

    Pakai game buat belajar. Itu bisa ditambahkan gambar untuk membantu imajinasi pembacanya, seperti apa sih belajar dengan memakai game? kemudian tambahkan contoh game-game seperti apa yang bisa digunakan, dan sedikit gambaran cara memainkannya.

    Sembari belajar membuat konten yang menarik, mudah diresapi para pembaca, ada baiknya juga belajar optimasi SEO, agar artikel mudah ditemui orang saat mencari nya di google.

    Akhirkata, semangat Pak Guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih kang Edwin masukannya, akan diperbaiki nanti kang. Membangun sekali komentarnya. :)

      Hapus

Mari bergabung dengan 46.355+ pembaca blog ini