Review PMM Topik Merdeka Mengajar



Ada 5 modul yang saya pelajari dalam pelatihan dengan Topik Merdeka Belajar, yakni modul 1; Mengenali diri dan perannya sebagai pendidik, modul 2; Mendidik dan mengajar, modul 3; Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh, modul 4; Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti, modul 5; Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan


1. Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Sebagai Pendidik tentu sudah seharusnya mampu mengenali karakteristik dan kebutuhan murid. Akan tetapi hal yang paling mendasar juga harus dimulai dari diri sendiri yaitu mengenali kekuatan dan kelemahan diri. 


Sebagai pendidik kita harus tahu apa kekuatan dan kelemahan yang kita miliki, lalu bagaimana kita dapat mengelola apa yang kita miliki tersebut untuk berperan mendidik murid-murid kita.


2. Mendidik dan Mengajar

Apakah hal-hal yang kita lakukan setiap hari di ruang kelas bisa membantu murid mengisi masa depannya? Apakah praktik mengajar kita sudah cukup menyiapkan murid di masa depan?


Tentu jawabannya adalah sudah, namun masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan lagi, praktik-praktik baik dalam mengajar di kelas hinggalah menemukan sebuah formula yang ampuh untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas, agar kebutuhan anak akan belajar benar-benar terpenuhi.


3. Mendampingi Murid dengan Utuh dan Menyeluruh

Sebagai pendidik yang bertanggung jawab untuk mendampingi tumbuh kembang murid, tentu harus memperhatikan beberapa hal terkait latar belakang muridnya. 


Dalam melakukan pembelajaran di kelas, perlu diperhatikan 3 hal terkait perbedaan latar belakang muridnya, yaitu:

Kodrat keadaan, kodrat alam dan kodrat zaman.


4. Mendidik dan Melatih Kecerdasan Budi Pekerti

Setiap peserta didik memiliki kecerdasan berpikir masing-masing. Kecerdasan berpikir peserta didik harus dapat mengembangkan budi pekerti atau watak murid yang tidak hanya dibentuk di sekolah, tetapi dalam keluarga dan lingkungannya. Sebagai pendidik harus memahami bagaimana watak atau budi pekerti diasah dan dilatihkan ke murid.


5. Pendidikan yang Mengantarkan Keselamatan dan Kebahagiaan

Pendidikan seharusnya dapat mengantarkan peserta didik untuk keselamatan dan kebahagiaan hidupnya. Pendidik tidak hanya mengajarkan materi pelajaran, tetapi mendorong murid untuk menemukan pemahaman bermakna yang relevan dengan kehidupannya. 


Sistem Among yang dibuat Ki Hajar Dewantara yaitu: Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani.


Kompetensi yang diharapkan di abad 21 menjadi kompetensi yang perlu dimiliki murid untuk menghadapi tantangan-tantangan ke depan. Untuk mencapai itu, pendidikan yang memerdekakan peserta didik menjadi salah satu cara, murid merdeka dalam belajar, menggali keingintahuannya dengan bimbingan guru.


Posting Komentar untuk "Review PMM Topik Merdeka Mengajar"