Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemimpin Menghijaukan Dunia

- - -

Aku, kamu, kita

Hijaukan dunia


Aku, kamu, kita

Menanam bersama


Jagalah dan lestarikan tumbuhan bersama


Dengan menanam udarapun bersih

Terjagalah iklim kita

Mari hijaukan dunia

- - -



Pemimpin Menghijaukan Dunia

Prolog

Mencintai itu bukan sekadar kata-kata, namun perlu diiringi dengan tindakan. Apalah arti cinta bila di lisan saja, buktikan cinta itu dengan perlakuan baik kepada yang kita cintai.

Allah menciptakan beragam tumbuhan dan satwa di hutan. Hal tersebut adalah bukti kasih sayang Allah yang begitu luas kepada manusia. Sebab, tumbuhan dan satwa tersebut sangat bermanfaat bagi manusia.

Dengan kita mencintai hutan, melestarikan tumbuhan dan hewan, serta merawat apa yang sudah Allah ciptakan. Itulah unjuk rasa syukur dan cinta kita kepada Sang Pencipta.

Mari kita mulai belajar di kelas Guru Galih.

Pada pembelajaran kali ini kita akan sama-sama melakukan perubahan kecil yang akan berdampak besar bagi Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Serta kita akan bersama-sama memahami peran generasi muda yakni murid sebagai agen penerus generasi pemimpin untuk turut andil menghijaukan dunia.

Kecil memang tidak besar, tapi hal kecil apabila dilakukan sedikit demi sedikit maka akan menjadi sesuatu yang besar.

Sehari sehelai benang, setahun selembar kain. Artinya suatu pekerjaan yang dilakukan dengan keyakinan dan kesabaran akan membuahkan hasil yang baik. (Sumber: Badan Bahasa)

Mari mula-mula kita belajar dari hutan.


Belajar dari Hutan

Apakah kamu mengetahui apa itu ekosistem?

Ekosistem adalah interaksi antara makhluk hidup dan benda-benda tidak hidup pada suatu lingkungan. Ekosistem terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ekosistem alami dan buatan.

Salah satu ekosistem alami adalah ekosistem hutan.

Ada apa ya di dalam hutan?

Seperti yang kita ketahui, di dalam hutan ada berbagai macam hewan serta tumbuhan. Ada rantai makanan, yakni proses memakan dan dimakan.

Lalu, apa yang akan terjadi bila hutan tersebut rusak? Gundul, berubah jadi pemukiman penduduk, dan perkebunan.

Hutan yang seharusnya menjadi habitat para hewan dan tetumbuhan kini terkikis. Ekosistem bisa jadi tidak seimbang dan dapat menyebabkan terputusnya rantai makanan.

Beberapa kali kita temukan di media kabar bahwa beberapa hewan memasuki pemukiman warga karena mencari makan, sudah tentu ini menjadi suatu hal yang berbahaya bila hewan buas yang muncul.

Belum lagi tetumbuhan yang habis dipangkas secara sengaja atau tidak. Seperti kebakaran lahan hutan dan penebangan liar pepohonan. Padahal kita mengetahui, tumbuhan yang melakukan fotosintesis akan menghasilkan oksigen, untuk selanjutnya oksigen tersebut dapat dikonsumsi oleh manusia yang ada di seluruh dunia.

Hal buruk yang menimpa hutan jangan terus dibiarkan membabi buta. Belum usai mengurus hutan, kita dihadapkan oleh wabah virus Covid-19.

Semenjak bulan Maret 2020 hingga saat tulisan ini dibuat, Indonesia sedang dirundung pilu. Perekonomian lesu, pedagang merindukan pembeli. Dunia pendidikan terombang-ambing, murid merindukan guru.

Aktivitas perekonomian dibatasi, kegiatan di sekolah-sekolah diberhentikan dahulu. Semua dialihkan dengan sistem jarak jauh.

Istilah, jauh di mata dekat di hati, sepertinya sulit berlaku pada pendidikan kita. Sungguh.

Sulit rasanya melakukan proses pembelajaran dengan cara jarak jauh. Tanpa adanya interaksi sosial yang nyata, semua beralih dengan interaksi maya.

Sudah banyak yang menjerit, merindukan sekolah, terutama orangtua murid.

Apa boleh buat, inilah yang terbaik. Tanpa adanya kesehatan yang prima bagaimana bisa membangun negara.

Kita juga harus lebih bersabar dan lebih menerima keputusan yang telah ditetapkan pemerintah. Inilah yang terbaik.

Sampai nanti sekolah dibuka kembali perlahan menuju kenormalan yang baru.

Ada hikmah dibalik sebuah wabah.

Dunia pendidikan kini mulai dipaksa untuk masuk ke ranah digitalisasi, pembelajaran tanpa batas. Semua murid bisa belajar kapan dan dimana saja, termasuk di rumah. Para guru pun bisa mengajar sambil melakukan kegiatan pengembangan diri lainnya agar meningkat profesionalismenya.

Semua itu bisa dengan satu genggaman, gawai.

Di sisi lain, kita bisa melihat pengurangan tingkat polusi udara di planet bumi kita.

Sebagaimana yang dilansir pada situs suara.com, para ilmuan dari Lembaga Meteorologi Kerajaan Belanda yang menggunakan data satelit Copernicus Sentinel-5P untuk memantau cuaca dan polusi.

Terlihat sangat berbeda sekali tingkat polusi antara sebelum dan saat wabah Covid-19 ini. Himbauan pemerintah ketika itu memang banyak ditaati oleh warganya untuk tetap tinggal di rumah saja sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Benar-benar hikmah yang begitu luar biasa, kenapa?

Dengan tingkat polusi yang berkurang maka udara yang kita hirup akan semakin segar, tak hanya itu, peran dari pada hutan sebagai paru-paru dunia menjadi lebih ringan. Sehingga generasi penerus kita bisa merasakan udara yang nikmat dan sehat sambil belajar di sekolah.

Andai kelak aku menjadi pemimpin setelah wabah Covid-19 ini berlalu. Apa yang akan aku lakukan?


Seandainya Aku Jadi Pemimpin

Saat ini aku adalah seorang guru, aku tahu betapa rumitnya mendidik seorang murid. Dari tahap merencakan apa yang ingin diajarkan, tahap eksekusi proses pembelajaran, hingga sampai kepada tahap mengevaluasi hasil pembelajaran.

Untuk itulah hal pertama yang ingin aku lakukan ketika menjadi pemimpin ialah mendayagunakan guru. Sebagai eksekutor pertama, ujung tombaknya pendidikan di sebuah negara, guru harus didayagunakan dengan optimal.

Menurut Undang-undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen mendefinisikan arti kata guru.

"Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah."

Tidak dapat dipungkiri, guru masa kini akan menjadi cerminan generasi masa depan.

Kita dapat mendayagunakan guru dengan melihat kebutuhan primer pendidikan saat ini.

Apa yang dibutuhkan pendidikan kita saat ini?

Pada era globalisasi, kita dapat memanfaatkan teknologi dengan mengadaptasi berbagai bahan ajar yang sudah tersedia banyak, bebas, dan gratis. Semua ada di internet.

Benar, kita semua menginginkan anak-anak kita cerdas. Namun, sejatinya cerdas tak hanya pintar.

Kita tidak bisa membiarkan anak-anak kita bebas tanpa batas mengakses informasi, perlu adanya rem. Rem itu adalah adab luhur dan akhlak mulia. Rem inilah yang dibutuhkan pendidikan kita saat ini. 

Lalu bagaimana bisa aku sebagai pemimpin membuat rem tersebut?

Jawabannya ialah, membuat peraturan.

Berikut adalah rencana aturan-aturan dalam bidang pendidikan jika kelak aku menjadi pemimpin. 

  1. Memberikan tambahan mata kuliah wajib bagi calon guru berupa Adab dan Akhlak.
  2. Bagi guru, diberikan jadwal khusus Pelatihan Berkala Wajib dengan sistem poin setiap tahun. Pelatihan diberikan di luar jam mengajar, agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu. Meskipun pelatihannya dengan sistem daring.
  3. Mengatur Pembelajaran Berwawasan Lingkungan dengan praktik langsung ke alam sekitar, seperti membuat proyek taman di depan rumah atau karya wisata ke hutan kota. Agar murid ditanamkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Dari ketiga hal kecil di atas semoga dapat bermanfaat dan berpengaruh dengan luas. Bagi calon guru dibekali adab dan akhlak, bagi guru diberikan pelatihan yang tidak menyulitkan di tengah jam mengajar, dan bagi murid mendapat manfaat serta keseruan ketika melakukan pembelajaran langsung di alam sekitar.

Bagaimana pun juga, kelak para murid akan tumbuh besar menjadi generasi muda Indonesia. Mereka calon pemimpin yang akan menghijaukan dunia.

Hijau berarti banyak pohon, banyak pohon berarti sejuk, sejuk berarti dapat menyenangkan hati orang-orang sekitar, menyenangkan hati dengan adab dan akhlak yang baik.


Generasi Muda Indonesia

Sudah banyak kita temui permasalahan generasi muda Indonesia, tapi bukan itu yang akan kita bahas.

Mari kita menyongsong masa depan Indonesia dengan penuh kejayaan. Masalah-masalah yang lalu harus kita hapus dan melakukan yang terbaik.

Peran murid selaku generasi muda Indonesia tidak boleh hilang arah. Murid baik akan berlaku baik, berucap yang baik, dan merasa diri harus berkembang.

Murid baik tidak menghabiskan waktu bermain saja serta bermalas-malasan saja. Murid baik tidak suka merengek hal sepele.

Murid baik berani berbuat, berani bertanggung jawab. Tidak lari atau berbohong ketika dalam masalah.

Murid baik tidak merokok dan menambah tingkat polusi, murid baik itu saling berbagi dengan sesama manusia serta merawat tanaman.

Murid baik itu tidak lelah menjadi baik walau lingkungan sekitarnya tidak baik.

Maka, jadilah gula yang akan dikerumuni semut. Artinya, jadilah manusia yang penuh manfaat bagi orang banyak.

Yuk, kita sama-sama menjadi baik. Agar di masa yang akan datang dunia ini dipenuhi orang-orang baik terhadap sesama dan alam sekitar.


Epilog

Mari kita buktikan cinta kita kepada Sang Pencipta dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, serta menjaga segala apa yang telah diciptakan.

Mulai dari menjaga diri kita dari tingkah laku yang buruk, menjaga agar tidak merusak lingkungan. Serta tidak lupa untuk selalu beribadah sesuai aturan dan berdoa memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini.

Jika kamu berkenan, silahkan tinggalkan komentar tentang hal apa yang telah kamu lakukan untuk Indonesia?

Dan, kalau kamu jadi pemimpin, kamu akan melakukan apa?



Salam,

Guru Galih
Galih Setio Utomo, S.Pd
Galih Setio Utomo, S.Pd Muslim | Father | Teacher |

48 komentar untuk "Pemimpin Menghijaukan Dunia"

  1. Bagus Banget pak Kaya penulis Terkenal gitu.... Mudah-mudahan jadi terkenal ya pak hehhehehehe

    BalasHapus
  2. Farrel
    5B

    Hal-hal yang sudah ku lakukan untuk Indonesia adalah,
    Melaksanakan tugas dan kewajiban saya sebagai pelajar agar bisa disiplin dan bertanggung jawab agar berguna di kemudian hari.

    Yang saya lakukan jika menjadi pemimpin adalah, Mengkampanyekan bahwa
    Covid-19 itu berbahaya agar semua patuh melakukan protokol kesehatan, dan tentang pentingnya hutan Indonesia bagi umat manusia karena pepohonan adalah sumber Oxygen bagi manusia dan hewan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren Bangett Farrel💪

      Hapus
    2. KeRen Pak galihh semangat terus ya pak dari shafa Khalisha harahap kls6

      Hapus
  3. Nama:Zikri rahman
    Kelas:5B

    Kalo hal yang saya lakukan untuk Indonesia tercinta ini menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar supaya tetap terjaga.

    Kalau saya jadi pemimpin melakukan penghijauan dan memberi larangan supaya tidak menebang pepohonan secara liar.

    BalasHapus
  4. Nama:Zikri rahman
    Kelas:5B

    ini menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar supaya tetap teini menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar supaya tetap terjaga,dan menjadi pelajar yang bertanggung jawab dan disiplin.

    Kalau saya jadi pemimpin melakukan penghijauan dan memberi larangan supaya tidak menebang pepohonan secara liar.
    Dan memberikan biaya untuk sekolah bagi yang tidak mampu.

    BalasHapus
  5. Nama: Zaskia putri
    Kelas: 5A

    Hal yang saya sudah lakukan untuk Indonesia tercinta ini menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar supaya tetap terjaga keasrian nya.

    Jika saya menjadi pemimpin saya akan melakukan hal yang berdampak banyak kepada banyak orang, dan alam sekitar nya.

    Dengan cara melakukan penghijauan/reboisasi, membuang sampah pada tempatnya,menjaga lingkungan, dan tidak menebang pohon sembarangan.

    BalasHapus
  6. Nama:Ahsanal Qashashi
    kelas:5B

    hal yang sudah aku lakukan untuk indonesia ialah, menjaga kebersihan,tidak membuang samapah sembarangan dan menjaga lingkungan agar tidak tercemar


    kalau saya menjadi peresiden, saya akan melakukan penghijauan dan saat wabah covid 19 ini saya akan melakukan untuk warga masyarakat untuk melakukan
    3m -memakai masker
    -menjaga jarak
    -mencucitsngan

    itu saja


    terimakasih pak Galih Semoga karya bapak bisa dapat terkenal
    Amin

    BalasHapus
  7. Nama : frydha nova melviana
    Kelas : 5A

    Hal hal yg sudah saya lakukan untuk indonesia adalah. Menjaganya. Tidak buang sampah sembarangn. Menolong orang

    BalasHapus
  8. Nama : frydha nova melviana
    Kelas : 5A

    Hal hal yg sudah saya lakukan untuk indonesia adalah. Menjaganya. Tidak buang sampah sembarangn. Menolong orang

    BalasHapus
  9. Nama: Lavenia
    Kelas:5A

    Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara saya untuk menjaga negara Indonesia

    BalasHapus
  10. Nama:Nadya Ramadhani
    Kelas:5B

    Hal hal yang sudah saya lakukan untuk Indonesia adalah menanam tumbuhan,menggunakantas kain saat belanja agar lingkungan di Indonesia ini terjaga kelestariannya

    Dan hal hal yang saya akan lakukan saat saya menjadi pemimpin adalah menyuruh semua orang mengikuti protokol kesehatan agar pandemi covid 19 ini cepat berlalu dan semua penduduk harus menanam tanaman di rumahnya dan melakukan reboisasi hutan

    BalasHapus
  11. Nama Inzezar Abrarathaya wijaya
    Kelas 5B

    komentar saya :

    cara saya untuk menghijaukan lingkungan dengan cara :
    -tidak membuang sampah sembarangan
    -tidak menebang pohon sembarangan

    BalasHapus
  12. Assalamu’alaikum
    Arjuna Alfatih
    VB

    Hal hal yang sudah saya lakukan untuk indonesia adalah melakukan kewajiban sebagai murid
    agarbisa disiplin dan bertanggung jawab agar berguna di kemudian Hari

    Hal yang saya lakukan jika jadi pemimpin adalah
    Melakukan reboisasi ,boleh menebang pohon tapi jangan terlalu banyak
    Tidak boleh memburu hewan

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum pak
    Nama = vannesa aulia shavira
    Kelas =5b

    Mulailah peduli kepada sekelilingmu dengan cara berbagi kepada yang tidak mampu.mencintai produk dalam negeri dengan menggunakan produk produk dalam negeri

    Saya akan berusaha mensejahterakan masyarakat dari segi ekonomi

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum pak
    Nama = vannesa aulia shavira
    Kelas = 5b

    Hal yang saya sudah lakukan untuk indonesia adalah memulai peduli dengan lingkungan sekeliling untuk orang yang tidak mampu.mencintai produk dalam negeri.

    Saya akan berusaha mensejahterakan masyarakat dari segi ekonomi

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum pagi pak galih
    Nama Siti chaerani Kls 5a no 26
    Indonesia adalah negara salah satu negara hutan penyanga dunia kita harus melastarikan hutan Dan menjaga nya dengan reboisasi tebang pilih agar hutan kita tetap terjaga makasih pak selamat pagi 🙏🙏

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum Pak🙏
    Raja 5B
    Kalau saya jadi pemimpin melakukan penghijauan dan memberi larang dan memberikan biaya untuk sekolah yang tidak mampu.

    BalasHapus
  17. Asalamualaikum pak galih
    Cerdas ramah berakhlak mulia
    Nama:Rafi kenzie
    Kls 5B

    Kalo hal yang saya lakukan untuk Indonesia tercinta ini menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar supaya tetap terjaga.

    Kalau saya jadi pemimpin melakukan penghijauan dan memberi larangan supaya tidak menebang pepohonan secara liar.

    BalasHapus
  18. nama: kayla aura zhafirah
    kelas: 5B

    hal yang sudah saya lakukan sebagai warga negara Indonesia adalah mulai peduli akan keadaan lingkungan dan mencintai produk sendiri.

    yang saya lakukan adalah melakukan penghijauan di hutan hutan yang sudah gundul dan saya akan mencoba mensejahterakan masyarakat.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum pak galih
    Saya : Teuku sultan
    Kelas : 5 A

    Menjaga lingkungan ,melestarikan lingkungan merupakan bentuk dari kecintaan saya untuk negara Indonesia tercinta .

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum pak

    Safina Qianny Wafa
    Kls 5 B

    Hal hal yang saya lakukan untuk Indonesia , menjaga lingkungan nya , tidak membuang sampah sembarangan , tidak menebang pohon yang secara liar , dan menjaga alam sekitar , membantu orang yang berkebutuhan

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum
    Nama saya Nayaka lintang khadafi
    Kelas 5a

    Hal yang saya lakukan untuk menjaga ngeara indonesia adalah menjaga lingkungan sekitar agar tetap rapih dan bersih.

    Mencegah penebangan liar di hutan agar habitat hewan terjaga lalu jika hutan sudah gundul saya akan melakukan reborisasi.


    Terima kasih maaf pak kalo salah☝️☝️

    BalasHapus
  22. Assalamuakikum Pak Galih
    Nama: Aditya Nurkhatami
    Kelas: 5B

    Apa yang sudah saya lakukan untuk negeri tercinta kita Indonesia? Menjaga kebersihan dilingkungan sekitar kita. Meskipun tidak berpengaruh besar, tetapi menjaga kebersihan juga sangatlah penting bagi kita. Selain untuk kesehatan, kebersihan juga bisa membuat negara kita lebih cantik dan indah.


    Apa yang akan kamu lakukan jika menjadi pemimpin? Tentunya saya ingin negara kita ini menjadi lebih makmur dan damai. Menjaga dan saling peduli satu sama lain merupakan kunci penting dalam menjadi pemimpin, serta tegas terhadap peraturan² yang dilanggar.

    BalasHapus
  23. Nama:M.Raihan adz dzikra
    Kelas:5A
    Tidak membuang sampah sembarangan adalah salah satu cara menjaga indonesia ini

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum pak
    Nama:Bhanu phalosa a
    Kelas:5A

    Hal hal saya waktu di Indonesia menjaganya,tidak membuang sampah sembarangan,menjaga lingkungan saya akan berusaha menjaga Indonesia

    Melakukan penghijauan dan memberi larangan supaya tidak menebang potongan liat

    🙏Terima kasih pak galih🙏

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Asalamualaikum Pak Galih
    Nama Aljibran Junior P.
    Kelas 5A

    Kalau saya jadi pemimpin saya akan menghijaukan tanaman dan harus dirawat dengan benar jika ada Pohon yang sudah mati saya akan mengganti pohon yang baru dan akan merawat dengan benar dan akan di hijau kan pohon yng di tanam.

    BalasHapus
  27. Nama:Muhammad abrisam masyhar
    Kelas:5A

    Kalo hal yang saya lakukan untuk Indonesia tercinta adalah melakukan kewajiban sebagai pelajar dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar saya, mengupayakan penghijauan kembali dengan memulai bertanaman tanaman.

    Kalau saya jadi pemimpin melakukan penghijauan dan pencegahan obat-obat terlarang karna merusak masa depan anak bangsa.

    BalasHapus
  28. Raihan Akbar
    5A

    Saya akan mulai dari diri sendiri, sehingga dapat menjadi contoh bagi orang lain. Dengan membiasakan perilaku yang baik dan menjaga lingkungan agar tetap terjaga keseimbangannya.

    BalasHapus
  29. Hazzel 5A
    Kebiasaan yg akan saya lakukan terlebih dahulu tidak membuang sampah sembarangan.melalukan penghijauan dengan menanam pohon didepan rumah dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan indah

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum Pak Galih
    Nama : Avedis K.H
    Kelas : 5A

    Hal-hal yg saya sdh lakukan utk Indonesia, menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, agar kebersihannya tetap terjaga.

    Jika saya menjadi pemimpin, saya akan melakukan penghijauan dan reboisasi terhadap pohon2 dan tumbuhan lain di hutan, karena pohon juga mengandung Oxygen. Dan saya akan memerintah masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, agar tidak terkena penyakit COVID-19

    BalasHapus
  31. Nama=Banyu Novyan P
    Kls=5A
    Tidak membuang sampah sembarangan adalah salah satu untuk menjaga linkungan masyarakat kita.

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum pak Galih
    Nama : Asty Chairunnisa

    Sebagai seorang murid saya akan belajar lebih giat dan sungguh-sungguh walaupun belajar jarak jauh.

    Kalau Saya jadi seorang pemimpin saya akan melakukan dan memberikan dorongan-dorongan kepada para generasi penerus supaya bisa menjaga,melestarikan dan menggunakan kekayaan alam yang ada biar tidak punah.
    Terima kasih pak.

    BalasHapus
  33. Nama: Raja
    Kelas:VB
    Hal yang saya lakukan untuk menjaga negeri indonesia adalah menjaga lingkungan sekitar agar tetap rapih dan bersih.

    Mencegah penebangan liar di hutan agar habitat hewan terjaga lalu jika hutan sudah gundul saya akan melakukan reborisasi.

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum pak galih
    Nama Safanur Alfi Syahr
    Kelas 5B


    Hal² yg sdh sy lakukan adalah menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita.walau hanya itu yg bisa sy lakukan agar Indonesia terjaga kebersihannya dan menanam tanaman di dkt rmh agar Indonesia tetap hijau

    Jika sy menjadi pemimpin sy akan melakukan penghijauan agar Indonesia terjaga keasrian nya dan Indonesia tetap sehat jgn sampai tanaman yang hijau ini punah dari bumi Krn ulah manusia yg melakukan penebangan liar terhadap pohon dan hutan menjadi gundul saya akan menghimbau para warga dan memberi sanksi terhadap manusia yg melakukan penebangan liar terhadap pohon jika kita akan menebang pohon maka kita juga harus mau melakukan reboisasi.



    Terimakasih pak galih

    BalasHapus
  35. Nama: Najwa Aliyah nur habibah
    Kelas:5a

    Membuang sampah tidak pada tempatnya akan mengotori lingkungan dan berdampak pada ekosistem di sekitarnya. Selain itu, sampah yang tercecer--terutama yang sulit terurai--pada akhirnya akan terbawa ke lautan dan membahayakan hewan-hewan di sana. Mereka akan mengonsumsinya karena mengira itu makanannya. Hal ini dapat membuat banyak hewan laut mati akibat terjerat sampah, terutama plastik.
    Terimakasih

    BalasHapus
  36. Assalamualaikum..
    Nama :Rafa Ramadhan
    Kelas:5B
    Yg sudah dilakukan untuk Indonesia:
    1. Bersih-bersih di Lingkungan Sekitar.
    2. Mengganti Plastik dengan Benda-benda Ramah Lingkungan.
    3. Menanam Pohon dan Reboisasi.

    Yang dilakukan apabila jadi pemimpin:
    Menjaga hutan yg ada diInfonesia
    Melakukan reboisasi.

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum....
    Nama: Farahdina
    Kelas:5B

    Hal yang kita harus lakukan untuk menjaga dan melestarikan tumbuhan adalah kita merawat tumbuhan supaya subur karna tumbuhan adalah bagi kehidupan kita untuk bertahan hidup tanpa tumbuhan kita tidak bisa bertahan hidup, allah swt memberikan tumbuhan yaitu alam,kita harus bersyukur kepada allah swt yang selalu memberikan yang terbaik untu kita untuk bertahan hidup.

    INGAT JAGA DAN MELESTARIKAN TUMBUHAN :!

    SEMANGAT SEMUA :D

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum pak

    Azzahwa/5B

    Hal yang sudah saya lakukan sebagai warga negara Indonesia adalah ikut menjaga dan memelihara lingkungan sekitar dan mencintai produk dalam negeri sendiri.


    Yang saya lakukan adalah melakukan penghijauan dihutan yang sudah gundul.

    BalasHapus
  39. Nama: Faiza mahira hidayat
    Kelas: 5B

    Hal-hal yang sudah aku lakukan untuk Indonesia adalah,

    -melestarikan lingkungan
    -buang sampah pada tempatnya
    -menjaga kebersihan

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum Pak

    Ridhoi / 5B.

    ini menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar supaya tetap teini menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar supaya tetap terjaga,dan menjadi pelajar yang bertanggung jawab dan disiplin.

    Terimakasih Pak Galih.

    BalasHapus
  41. Assalamuallaikum pak
    Shafarida 5b
    Hal hal yang saya lakukan untuk indonesia adalah tidak menbuang sampah sembarangan

    BalasHapus
  42. Kelas : V.A

    Hal² Yang Sudah Saya Lakukan Adalah...

    Menjalankan Kewajiban Yaitu Mengerjakan Tugas sesuai yang diperintahkan guru,Menjaga
    Lingkungan Sekitar Agar Tetap Bersih.

    Yang Saya Lakukan Jika Saya Menjadi Pemimpi Adalah...

    Melakukan Penghijauan Terhadap Hutan Yang Mulai Gundul Dan Menjaga Agar Lingkungan Sekitar MenjadiBersih Dan Nyaman.

    *SELESAI*


    "TERIMA KASIH...!"

    BalasHapus
  43. Keren banget,, aslii😫😫😫

    BalasHapus
  44. Assalamualaikum pak galih
    Nama elvira widia k
    Kelas 5b

    Bagus sekali and keren sekali menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar kita harus tetap menjaga kebersihan
    Melaaksanakan tugas dan kewajiban saya sebagas pelajar agar tetap desiplin dan tangung jawab


    Terima kasii

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum pak
    Nama:aisyah putri
    Kls:5A

    Hal hal yg sudah saya lakukan sebagai
    Warga negara indonesia

    -tidak membuang sampah sembarangan

    -tidak menebang pohon secasa liar

    -menjaga kebersihan lingkungan


    Termikasih,maaf jika ada yg kurang benar...🙏

    BalasHapus