Murid Main Quizizz Tanpa Telepon Genggam



Jurnal Harian Guru Galih

Selasa, 03 Januari 2023

Hari ini pembelajaran dimulai dengan kegiatan pembiasaan satu sekolahan membaca buku cerita di lapangan sekolah. Kebetulan pagi ini sekolah kami kedatangan tamu dari Super Bubur bersama tim komite sekolah untuk membagikan sarapan bubur gratis ke seluruh murid.

Kemudian di kelas V A jadwal pelajarannya yaitu tema, matematika, dan PLBJ.

Hari ini yang tidak masuk masih sama seperti kemarin, Dewa Ayu izin dan Jefri Samboja Sakit.

Pagi ini pembelajaran tema memuat Bahasa dan IPA, kegiatan belajar diawali dengan kegiatan pendahuluan, peserta didik ditanyai kabar, yel-yel sekolah, dan mengecek daftar kehadiran.

Kemudian, peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pembelajaran hari ini. Guru menggunakan metode tanya jawab mengenai kalor, suhu, dan kata kunci pada paragraf.

Selanjutnya secara berkelompok peserta didik mengerjakan lembar kerja yang tersedia, setelah selesai, hasil lembar kerja diperiksa oleh kelompok lain dengan bimbingan oleh guru.

Jadi, zaman sekarang bukan cuma guru yang bisa menilai hasil kerja murid, tetapi murid lainnya juga bisa. Tentu hal ini ada resiko bila penilaian yang dilakukan murid asal-asalan. Maka dari itu, kemarin kan sudah dibagi kelompok menjadi kelompok yang beragam. Dan, terdapat ketua kelompok serta anggota kelompok yang cukup lumayan dari segi kognitif, ditambah guru membimbing selama proses penilaian.

Alhamdulillah, peserta didik merasa tertantang dalam pembelajaran. Selain menjawab lembar kerja, murid juga memeriksa pekerjaan temannya. Mereka semua saling bekerja sama.

Istirahat pun tiba, saya mau kasih kejutan. Mencoba teknik evaluasi terbaru.

QUIZIZZ MODE PAPER YUHUUU....



Jadi guru gak perlu repot-repot print dan fotokopi soal evaluasi, cukup tampilkan di layar dan para murid menjawab dengan kertas barcode yang disediakan.

Hal perlu dipersiapkan adalah...

1. Soal di Quizizz yang ditampilkan dengan layar infocus

2. Aplikasi Android Quizizz di HP guru dan login dengan akun Quizizz yang sama

3. Print barcode tiap peserta didik yang tersedia

4. Mainkan quiz yang sama di laptop dan HP


Seperti ini tampilan di HP saat bermain  Quizizznya.


Canggih.


Masya Allah, pekerjaan mengoreksi jadi dibantuin quizizz. Alhamdulillah.

Para murid juga kegirangan ketika jawabannya betul.

Hemat kertas evaluasi, jadi barcodenya saya minta dilaminating biar bisa dipakai nantinya selama di semester 2 ini.

😁😁😁

Selain pembelajaran tema, target belajar hari ini yaitu mengamati tayangan Jurus 3 dan 4 Pencak Silat Pelajaran PLBJ. Lalu, menggambar bangun ruang balok serta menulis komponennya.



Yeah.

Selamat mengoreksi. 👍👍👍

Posting Komentar untuk "Murid Main Quizizz Tanpa Telepon Genggam"