Cara Menghafal dengan Mudah



Banyak ahli yang telah merancang berbagai cara supaya setiap orang bisa menghafal dengan mudah. Namun, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu coba sehingga perkalian berapapun bisa mudah diingat.


1. Mulailah dengan yang Mudah

Jika ingin menghafal perkalian, maka lakukan dengan jumlah yang mudah dan kecil. Jangan pernah memulainya dengan angka besar. Selain susah, tindakan tersebut juga akan menguras tenaga dan mental.


Cara menghafal perkalian di luar kepala harus dilakukan dari angka kecil. Cobalah untuk mengajarkan perkalian angka 1 sampai 10. Perkalian ini menjadi dasar untuk mengingat perkalian dalam jumlah besar.


Peneliti dari EduNational Limited telah membuat terobosan dengan mengurutkan angka apa saja yang paling mudah dikalikan. Angka 1 jelas awal yang sangat baik untuk diajarkan kepada sang buah hati.


Setelah angka 1, maka bisa lanjut ke angka 10. Mengapa harus angka 10 dan bukan angka 2? Kamu pastinya sadar jika semua angka perkalian 10 akan menghasilkan angka 0, bukan?


Jika sudah, maka bisa lanjut ke angka 5. Angka apapun jika mendapat perkalian 5 akan menghasilkan angka 5 atau 0 di belakang. Jadi ini akan cukup mudah untuk diajarkan.


Setelah 3 angka tersebut, metode hafalan perkalian selanjutnya bisa melanjutkan ke angka 2, 4, 9, 6, 3, 8, dan 7. Supaya lebih mudah, kamu bisa memuatkan table perkalian sendiri.


2. Ulangi Setiap Hari

Materi ini tidak bisa dipelajari hanya dengan sekali atau dua kali latihan. Apalagi, perkalian bisa dilakukan pada angka apa saja. Artinya, mengulangi materi seperti ini bisa menambah daya ingat.


Pengulangan adalah kunci jika anak kamu ingin menghafal semua perkalian tanpa kesulitan. Memang, cara ini terkesan sangat sulit dilakukan. Apalagi harus melakukannya setiap hari dengan metode yang sama.


Namun, pengulangan adalah salah satu cara menghafal perkalian di luar kepala dengan cepat dan benar. Hamper semua orang yang cerdas pada matematika pasti menggunakan metode seperti ini.


Untuk mempermudah latihan tersebut, siapkan tabel terlebih dahulu secara lengkap mulai dari 1 sampai 10. Tempelkan table tersebut di dinding atau meja belajar yang biasa dipakai untuk belajar.


Jika telah hafal di luar kepala sampai angka 10, maka tambah lagi hingga angka lebih besar. Lakukan metode ini setiap saat setelah sang anak mampu menguasainya.


Dengan metode tersebut, anak akan memiliki kemampuan dalam mengingat. Tentu saja cara belajar menghafal perkalian seperti ini harus dilakukan setidaknya 5x sehari supaya anak terbiasa dengan angka.


3. Gunakan Teknik Mnemonik

Teknik mnemonic adalah salah satu cara untuk mendapatkan ingatan lewat bantuan symbol, tanda, atau sejenisnya. Tim psikolog asal Psych Central juga menyebutkan bahwa metode ini sangat efektif untuk anak.


Biasanya, metode mnemonic lebih sering diaplikasikan pada lagu. Jadi, beberapa lirik digantikan dengan angka. Dengan begitu, anak bisa menghafal tanpa membutuhkan usaha yang terlalu besar.


Selain itu, mnemonic juga jadi salah satu cara menghafal perkalian di luar kepala yang sangat efektif bagi anak-anak. Memanfaatkan symbol serta tanda sebagai pengganti dari angka-angka.


Contohnya adalah angka 5 = roti, 2 = tentara, 3 = sepatu, 7 = basah. Maka, perkalian 3×7=21 bisa digantikan menjadi mnemonic ‘sepatu basah karena tentara makan roti’.


Metode mnemonic seperti ini memang terdengar cukup konyol. Namun, faktanya banyak ilmu lain yang juga menerapkannya. Di perguruan tinggi bahkan juga sering dijumpai beberapa kalimat mnemonic, misalnya fisika dan hukum.


Itulah mengapa menemonic jadi salah satu cara menghafal perkalian di luar kepala yang sangat patut untuk dicoba. Selain itu, banyak Negara maju juga menerapkan metode mnemonic untuk meningkatkan daya ingat.


4. Manfaatkan Kartu Mainan Perkalian

Selain metode mnemonik, metode permainan kartu juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan mengingat. Tentu saja hal ini juga berlaku bagi anak kamu yang sedang belajar perkalian.


Untuk memainkan permainan ini, caranya cukup mudah. Misalnya permainan dimainkan oleh 2 orang. Kedua pemain tersebut membalik kartu dan orang pertama yang jawabannya benar akan menyimpan kedua kartu tersebut.


Misalnya, kedua kartu yang dibalik adalah angka 5 dan 8. Orang pertama yang menjawab 40 maka akan memenangkan game pertama. Begitu juga permainan dapat dilakukan hingga beberapa game.


Pemain dengan jumlah kartu terbanyak maka akan memenangkan permainan. Cara menghafal perkalian di luar kepala dengan metode permainan kartu sangat popular. Negara maju juga sering menggunakannya sebagai metode belajar.


Supaya lebih menantang, permainan tersebut bisa menambahkan hadiah serta hukuman. Adanya hukuman pasti akan membawa setiap pemain lebih bekerja keras dalam mengingat. Dengan begitu, perkalian lebih mudah dihafalkan.


Oleh sebab itu, ajarkan permainan sederhana ini mulai kecil. Semakin cepat mengajarkannya, maka semakin cepat juga hafalannya. Maka, harapan bisa hafal luar kepala pasti bisa dicapai anak kamu.


5. Gunakan Gambar Bunga Perkalian

Selain kedua metode sebelumnya, cara menghafal luar kepala lainnya adalah dengan menggunakan bunga perkalian. Metode ini sangat sering dipakai untuk mendorong anak-anak lebih mudah mengingat angka dalam jumlah besar.


Perlu diketahui bahwa metode ini sering disebut sebagai table bunga waldorf. Dalam metode tersebut, anak perlu menuliskan angka dari 2 hingga 12. Maka, akan ada 12 kelopak bunga.


Selanjutnya, maka dibutuhkan set gambar lain dengan 12 kelopak bunga. Kelopak bunga ini berisi nomor tengah dikalikan dengan masing-masing kelopak lainnya. Dengan begitu, bisa dipakai sebagai tabel bantu.


Cara menghafal perkalian di luar kepala satu ini memang terdengar unik. Cara menggunakannya mungkin bagi sebagian orang terasa sangat sulit. Namun, jika sudah terbiasa akan jauh lebih mudah dalam menghafal.


Oleh sebab itulah banyak orang memberikan rekomendasi untuk menggunakan metode perkalian bunga sebagai salah satu cara meningkatkan hafalan. Anak juga bukan hanya mampu belajar, tapi juga lebih senang dalam mengerjakan perkalian.


Oleh sebab itu, metode seperti ini perlu dikenalkan sejak dini. Apalagi, masa pertumbuhan adalah masa terbaik untuk memberikan banyak metode belajar. Jadi, anak bisa memilih metode yang paling menyenangkan.



6. Trik Jari

Mungkin, kamu pernah melihat cara menghafal perkalian di luar kepala dengan metode jari. Ya, metode seperti ini sudah sangat umum untuk anak-anak di Jepang, China, hingga Korea.


Selain itu, metode jari juga sangat cocok untuk perkalian angka 9. Mungkin, masih banyak orang tidak menyadari hal tersebut. Namun, untuk menggunakan trik ini, maka caranya adalah sebagai berikut.


Posisikan telapak tangan untuk menghadap ke bawah.

Tangan kiri serta semua jari bagian sebelah kiri setelah satu jari sebelumnya dilipat adalah angka puluhan.

Tangan kanan serta semua jari sebelah kanan setelah satu jari sebelumnya adalah angka satuan.

Setelah itu, lipat jari angka pengali dari kiri menuju ke kanan.

Maka, kelingking kiri bisa mewakili angka pengali 1, jari manis mewakili pengali 2, hingga seterusnya sampai kelingking kanan mewakili pengali 10.

Cara menghafal perkalian efektif ini bisa diajarkan kepada anak saat sudah mulai mengenal materi tersebut. Ajarkan dengan perlahan supaya anak mampu mempelajarinya tanpa merasa tertekan sehingga hasilnya memuaskan.


Kamu harus memahami bahwa metode seperti ini hanya cocok untuk perkalian angka kecil. Untuk angka besar, maka harus menggunakan metode lainnya. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan dari anak kamu.


7. Lakukan Beberapa Kuis Sederhana

Kuis memang menjadi salah satu alternatif yang bisa dipakai untuk meningkatkan daya ingat. Sama juga dengan materi perkalian, kuis menjadi cara efektif jika menginginkan anak kamu lebih mudah dalam menghafal.


Memberikan kuis sederhana merupakan salah satu cara menghafal perkalian di luar kepala tanpa butuh waktu lama. Terkadang, daya ingat memang harus dipicu menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah kuis.


Kamu mungkin telah menggunakan banyak metode untuk meningkatkan daya ingatnya. Namun, bagaimana kamu bisa tahu sejauh mana anak mampu mengingatnya? Maka, jawabannya adalah dengan memberikan kuis sederhana, bukan?


Cara menghafal perkalian di luar kepala ini juga bisa dipakai untuk melihat kesiapan anak dalam menjawab dalam waktu cepat. Sejauh mana dia mampu mengingat hasil perkalian bisa diketahui jawaban tersebut.


Itulah mengapa kamu juga perlu mengobrol sesaat untuk menanyakan perkembangan anak. Tentu tanyakan juga apakah ada kesulitan dalam menghafal atau tidak. Jika ada, maka bisa membantunya dengan metode lainnya.


Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan cara menghafal perkalian di luar kepala untuk anak. Pastikan untuk tetap memberikan pendampingan supaya anak bisa bertanya saat mengalami kesulitan, terutama untuk angka besar.


8. Beri Hadiah

Jika kamu sudah mengajarkannya dengan semua metode dan anak mengikutinya, jangan lupa untuk memberikan hadiah. Terkadang, hadiah kecil mampu meningkatkan semangat belajarnya hingga mampu menemukan metodenya sendiri.


Semua cara menghafal perkalian di luar kepala perlu diberikan apresiasi. Tentu, apresiasi bisa dalam beberapa bentuk. Salah satu yang bisa kamu coba adalah mengajaknya ke tempat wisata untuk liburan.


Mulailah dari hadiah kecil terlebih dahulu seperti membelikannya mainan. Pada dasarnya, anak tidak membutuhkan hadiah mahal. Namun, mereka akan lebih senang mendapatkan sesuatu yang paling diinginkan, mainan adalah salah satunya.


Dengan begitu, angka akan merasa lebih dihargai. Tentu hal tersebut bisa meningkatkan keinginannya supaya belajar lebih giat. Mereka juga pasti akan bekerja keras supaya mampu mengingat angka yang lebih besar.


Semua metode seperti ini harus dilakukan sejak dini untuk membiasakan diri dengan perkalian. Semakin akrab dengan angka, maka cara menghafal perkalian di luar kepala akan bisa dilakukan jauh lebih mudah.


Posting Komentar untuk "Cara Menghafal dengan Mudah"