MEMIKAT ANAK : Mengembangkan Minat dan Bakat Anak dengan Aplikasi Mobile Masa Kini



Dunia anak adalah dunia bermain.

"Satu, dua, tiga.... SEPULUH!!! Udah belum???"


Saya jadi teringat ketika masih anak-anak, tiada hari tanpa bermain. Petak umpet, menjadi salah satu kesukaan saya dulu. Sampai saat ini pun, saya masih sering menjumpai permainan ini baik di sekolah tempat saya mengajar mau pun di depan rumah.

Permainan ini sangat simpel, ada satu anak sebagai 'penjaga' dengan menghadap tembok atau tiang dan menutup matanya menggunakan kedua lengannya. Sementara anak yang lain bersembunyi, ketika 'penjaga' selesai berhitung, ia mencari anak-anak yang bersembunyi.

"INGGLO!!!"

Kata itulah yang terucap saat sampai ke tempat 'penjaga' setelah balap lari apabila anak yang bersembunyi ketahuan, kalau 'penjaga' yang menang maka anak yang ketahuan siap-siap menjadi calon 'penjaga' selanjutnya. Tapi di beberapa tempat menyebutnya bukan 'ingglo!', tapi 'hong!'.

Petak Umpet

Petak umpet melatih saya untuk menentukan tempat persembunyian, dimana tempat persembunyian yang tepat. Bahkan, saking hebatnya bersembunyi, anak yang menjadi 'penjaga' sulit menemukan saya.

Perawakan saya yang tidak terlalu cepat kalau berlari, maka dari itu saya harus bersembunyi di tempat yang orang lain tidak menduga. Meski sampai bersembunyi dengan tengkurap di balik tembok pagar rumah tetangga. Hehe.

Betapa seru masa anak-anak, karena memang dunia anak adalah dunia bermain.

Maka dari itu, saya yang berprofesi menjadi guru sekolah dasar ketika mengajar sebisa mungkin memberikan permainan di sela-sela pembelajaran. Supaya anak murid dapat diberikan stimulus dalam pemahamannya terkait pembelajaran yang sedang dilakukan.

Seperti pada video berikut, waktu itu saya mengajar anak kelas 4 SD mengenai salah satu energi alternatif, yaitu angin.


Jadi, para murid diberikan kesempatan untuk membuat mainan mobil-mobilan dengan balon dan botol. Mereka membuatnya dengan bersemangat dan saling membantu satu sama lainnya. Ketika semua murid sudah selesai membuat mainannya, saatnya saling berlomba adu cepat.

Betapa bahagianya mereka, karena memang dunia anak adalah dunia bermain.

Tapi....

Wabah Covid-19

Semenjak Maret 2020, ketika sekolah ditutup karena Covid-19, pembelajaran beralih menggunakan sistem jarak jauh. Guru dan para murid tidak lagi bertemu untuk bisa berinteraksi sosial secara langsung.

Saya tidak habis akal untuk bisa melakukan pembelajaran yang seru, jadi belajar online tidak membosankan.

Saya paling ingat dan mungkin yang paling seru itu para murid saya berikan tantangan dalam membuat zat campuran, berupa larutan untuk bermain balon raksasa.

Antusias. Mereka tidak hanya bermain, tapi belajar. Mereka belajar tidak membosankan, menyenangkan.

Ini dia rekor balon raksasa terbesar.


Saya merasakan setiap tahun mengajar dengan murid yang berbeda. Sungguh, setiap anak itu spesial, semua anak itu unik. Sebagai orang dewasa, jangan cepat menyalahkan anak. Mungkin ketika anak melakukan kesalahan itu sebab hasil menyontoh atau ketidaktahuan si anak tersebut.

Seperti beberapa orangtua yang mengeluh dengan anaknya yang suka main gawai melulu.

Tiap hari, tiap saat. Mintanya HP, mintanya kuota internet. Tidur malamnya larut, bahkan mungkin anaknya begadang main HP sampai pagi. Weleh-weleh.

Ada yang seperti itu?

Semoga generasi penerus Indonesia tidak seperti itu. Bermain HP tanpa tujuan yang jelas, hanya main game atau buka media sosial. Ugh. Harusnya bisa dioptimalkan penggunaan HP untuk belajar, belajar, dan terus belajar.

Sabar, orangtua harus mendampingi, jangan dibiarkan bermain sendiri terlalu lama. Jangan sampai untuk membuat anteng anaknya, orangtua tinggal memberikan HP tanpa adanya arah bimbingan atau kontrol berkala apa-apa yang dilakukan sang buah hati.

Sungguh, sebelum adanya pandemi, saya sering mengingatkan para murid untuk menahan diri dalam bermain HP. Tapi, semenjak pandemi, mau tidak mau, suka tidak suka, HP menjadi kebutuhan pokok dalam proses belajar mengajar. Setujukah kamu?

Ada hikmah di balik wabah, ada manfaat dari segala apa yang telah tercipta. Allah menciptakan manusia dengan akal, supaya manusia dapat berpikir atas kebesaran Allah.

Dengan kondisi seperti ini, belajar jarak jauh, saya berusaha keras, membuat situs belajar, membuat video di kanal Youtube, serta memberikan latihan soal evaluasi yang seru dengan salah satu platform belajar.

Kita jadi lebih melek teknologi, yah.

Tidak hanya guru, murid juga harus bisa mengikuti pembelajaran online, begitu pun dengan orangtua murid jadi ikutan belajar. Tidak gagap teknologi.


Thomas Suarez

Kamu tahu Thomas Suarez?

Saat berusia 12 tahun, kira-kira seusia anak SD, ia sudah bisa membuat aplikasi iPhone Fortune Earth dan Bustin Jieber.

Banyak orang bertanya pada ia, bagaimana cara membuatnya?

Ia lalu memaparkan.

"Di masa ini banyak anak yang senang bermain game, tapi sekarang mereka ingin membuat game. Dan ini adalah hal yang sulit karena tidak banyak anak yang tahu bagaimana cara membuat program. Maksud saya, untuk belajar sepak bola, kamu bisa bergabung dengan tim sepak bola tapi bagaimana kalau kamu ingin belajar membuat aplikasi karena para orangtua tidak pernah membuat program selagi masih muda."

Selanjutnya sebagaimana yang ia paparkan dalam video di kanal Youtube TED berikut :


Sungguh luar biasa ya. Bayangkan saja bila banyak anak-anak berpikiran seperti itu, tidak cuma menjadi konsumen dalam era milenial ini, tapi berpikir produktif. Kita siapkan anak-anak menghadapi arus globalisasi dengan kemampuan terbaru dan tanamkan nilai-nilai akhlak mulia.

Data Pengguna Internet

Menurut data Hootsuite tentang tren internet di Indonesia yang dilansir melalui situs datareportal.


Per Januari 2020, pengguna internet Indonesia mencapai 175,4 juta dari 272,1 juta jumlah penduduknya. Lalu, pengguna mobile phone sampai di angka 124 % dari jumlah populasi penduduk. Fantastis.

Ini merupakan peluang besar bagi anak-anak kita yang memiliki minat dalam bidang teknologi, agar tidak hanya menjadi pengguna, tapi bisa Membuat Aplikasi Mobile

Salah satu cara memikat anak ialah dengan mengembangkan minat dan bakatnya. Mungkin kamu tertarik, kenapa enggak mulai belajar membuat dari pada hanya menggunakan saja.

Kalau kamu bingung bagaimana harus memulai. Dan, berpikir bagaimana bisa membuat sebuah aplikasi di HP

kamu bisa autodidak

atau

belajar sama ahlinya.


DUMET School

DUMET School adalah salah satu lembaga kursus di bidang pendidikan. Kamu bisa belajar website, digital marketing, dan design grafis. Oh ya, di DUMET School kamu juga bisa belajar membuat aplikasi di HP loh. Ada juga program kursus untuk anak-anak.

Ya, ini sungguh menarik.

Dengan membangun sistem pembelajaran IT yang mudah diterapkan, serta metode dan materi pembelajaran yang efektif dan efisien. Kamu bisa dengan cepat menguasai kemampuan di era globalisasi ini. Bisa kamu pilih sendiri programnya.

Lokasi tempat ini hanya ada di Jakarta dan Depok, eitss, kamu enggak perlu repot kalau mau ikutan. Karena kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja.

Tentunya tidak seperti di sekolah yang belajar secara klasikal, atau pada tempat-tempat kursus lainnya. Di DUMET School, belajarnya one by one alias satu peserta satu pengajar.

Karena era digitalisasi pada masa sekarang ini terus berkembang dan long last, kamu berhak mendapatkan konsultasi geraaatisssss selamaanyaaa dan materi-materi baru yang disediakan oleh DUMET School.



- - -

Coba bagikan pengalaman kamu di kolom komentar yah!

Apa nama aplikasi di HP apa yang sering kamu buka?

Apakah itu tentang permainan atau media sosial atau pelajaran?

Apa manfaat aplikasi tersebut bagi kamu?

Kira-kira, apakah kamu tertarik bisa membuat aplikasi seperti itu?

- - -

Kenapa tidak, dari sekarang kamu mencoba belajar.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Selalu ingat 3M : Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan.


Salam,

Guru Galih

46 komentar untuk "MEMIKAT ANAK : Mengembangkan Minat dan Bakat Anak dengan Aplikasi Mobile Masa Kini"

Comment Author Avatar
Ohh jadi ini rekor - rekor anak muda-muda ya, Hebat!
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Ohh Jadi Ini Adalah Rekor Rekor Anak anak Muda Yang,Hebat
Comment Author Avatar
Nama: Lavenia Elisabeth 5A

Tiktok
Termasuk aplikasi media sosial
Manfaat nya adalah untuk bersenang-senang.
Comment Author Avatar
Assalamualaikum pak galih
Nama : elvira widia k
Kelas : 5b

Coba bagikan pengalaman kamu di kolom komentar yah!

Apa nama aplikasi di HP apa yang sering kamu buka?
Jawaban =
YOUTUBE

Apakah itu tentang permainan atau media sosial atau pelajaran?
Jawaban =
Pelajaran yang ada di youtube

Apa manfaat aplikasi tersebut bagi kamu?
Jawaban =
Bisa tau tentang pelajaran sekolah yang kita buka di youtube

Kira-kira, apakah kamu tertarik bisa membuat aplikasi seperti itu?
Jawaban =
Ya saya tertari membuat aplikasi buat pelajaran


Terima kasi
Comment Author Avatar
Seperti nya akan membantu sekali untuk menggali dan mengenal minat serta potensi anak... Dan anak² mungkin akan lebih seru belajar nya... 🥰👍🙏

Jawaban di atas
1). A. Youtube
B. Google
C. Twitter
D. Telegram
E. Whatsapp

2). Medsos dan terkadang juga di gunakan untuk mencari informasi tentang pelajaran.

3). Selain sebagai media komunikasi, saya juga dapet mencari informasi" Tentang pelajaran dan informasi tentang idola saya, dan untuk menonton film di rumah.

4). Kurang tertarik pak, karena saya lebih suka menggunakan daripada membuat nya.


Hehehhehe🤭😀🙏
Comment Author Avatar
Aplikasi yang sering saya buka Ada lah :
1. YouTube, nonton Thinknoodles, tip & tricks game online, dll.
2. Game online, Minecraft, Roblox dll
3. Spotify, mendengarkan musik.
Dll, tapi saja jarang membuka medsos.

Manfaatnya, bisa bersantai-santai sebentar setelah belajar, itu pun saya tidak bermain lama.

Mungkin nanti game salah satu aplikasi yang sering saya mainkan dapat menjadi inspirasi saya membuat aplikasi baru yang bermanfaat baik.
Comment Author Avatar
WA

Aplikasi untuk melihat tugas dari pak guru
Comment Author Avatar
Nama:Aditya Nurkhatami
Kls:5B

Aplikasi yg saya gunakan adalah
Quizziz. Karna selain dapat mengerjakan tugas dari Pak Galih, saya juga bisa belajar dengan mengisi soal2 di dalam aplikasi quizziz tersebut.
Comment Author Avatar
Ohh Jadi Ini Adalah Rekor Rekor Anak anak Muda Yang,Hebat
Comment Author Avatar
Ohh Jadi ini yang dinamakan rekor-rekor anak muda nya,Makasih.
Comment Author Avatar
Arjuna Alfatih VB

Aplikasi youtube
Tentang pelajaran dan permainan
Manfaat: membantu belajar dan mencari permainan yg menarik terutama robot.
Tertarik untuk membuat aplikasi dan isi konten tentang robot.
Comment Author Avatar
Nama : Muhammad Rafa Ramadhan
Kelas :5B
Nama aplikasi yang sering di buka, YouTube, google,quiziz,inshot,FF, Minecraft,roblock,ini semua permianan dan pelajaran..manfaatnya bisa langsung menambah wawasan..permainan biar gak jenuh dirumah..selama pandemi gak boleh main..iya..saya tertarik bisa membuat aplikasi itu sendiri.
Comment Author Avatar
Nama:Safanur Alfi syahr


You tube
Ini termasuk aplikasi media sosial aplikasi ini biasanya sy gunakan untuk belajar,menonton video memasak dll
Comment Author Avatar
Rafi kenzie parisya
Kelas:5B
Seperti nya akan membantu sekali untuk menggali dan mengenal minat serta potensi anak... Dan anak² mungkin akan lebih seru belajar nya... 🥰👍🙏

Jawaban di atas
1). A. Youtube
B. Google
C. Whatsapp

2). Medsos dan terkadang juga di gunakan untuk mencari informasi tentang pelajaran.

3). Selain sebagai media komunikasi, saya juga dapet mencari informasi" Tentang pelajaran dan informasi tentang idola saya, dan untuk menonton film di rumah.

4). Kurang tertarik pak, karena saya lebih suka menggunakan daripada membuat nya.

Comment Author Avatar
Aplikasi yang sering saya buka adalah Youtube. Channel yang saya buka yaitu gamers yang memainkan game tertentu. Di channel tersebut biasanya para gamers memberikan tips2 jitu utk menaklukan sebuah game. Dari situ saya banyak belajar trik2 khusus dalam game serta belajar membuat karakter sesuai keinginan saya.
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Nama:M.Raihan adz dzikra
Kelas:5A
1.oooo jadi ini anak-anak muda yang hebat
2.tiktok
3.media sosial
4.untuk bersenang-senang
5.lumayan tertarik
Comment Author Avatar
Assalamualaikum pagi pak guru saya siti chaerani aulia hanggur.
Kalo saya suka bermain bersama teman teman Di sekolah Dan tempat ngaji kadang kadang saya bermain game Dan membuat gambar Di hp setelah itu saya menggambar Di komik gacha life Dan miniceraft Di hp baru menggambar Di buku.
Terima kasih pak untuk pagi ini selamat pagi 🙏🙏🙏
Comment Author Avatar
aplikasi yang sering saya buka adalah pinterest.Manfaatnya untuk berbagi inspirasi dan informasi melalui foto,Gif, atau video.
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Nama:Nadya Ramadhani
Kelas: 5B

1.youtoube dan watsapp
2.media sosial,pembelajaran ,dan komunikasi
3.bersenang senang dan komunikasi
4Ya,saya tertarik
Comment Author Avatar
Azzahwa ollyfianto
5b
Seperti nya akan membantu sekali untuk menggali dan mengenal minat serta potensi anak

Jawaban di atas
A.Instagram
B. WhatsApp
C. Youtube
D. Telegram

2). Medsos dan terkadang juga di gunakan untuk mencari informasi tentang pelajaran.

3). Selain sebagai media komunikasi, saya juga dapet mencari informasi" Tentang pelajaran dan informasi tentang idola saya, dan untuk menonton film di rumah.

4). Kurang tertarik pak, karena saya lebih suka menggunakan daripada membuat nya.



Comment Author Avatar
Nama: Farrel
Kelas: VB

Aplikasi yang Farrel sering gunakan:

Discord (Sosial Media)
Untuk berinteraksi kepada orang luar dengan bahasa Inggris dan mendapatkan tips untuk game tertentu.

Google: (Bidang Pengetahuan)
Bisa membantu saya mengenali lebih banyak tentang dunia luar dan bidang pelajaran, Misalnya apakah itu Acetamidobenzensulfonic Acid.


Twitter: (Sosial Media)
Saya menggunakan Twitter untuk mengetahui berita-berita tentang keadaan Covid-19 dan keadaan Negara.

YouTube:(Sosial media)
Saya menggunakan ini untuk memenuhi rasa kebosanan saya, biasanya saya menggunakannya akhir sekolah, bisa untuk mencari tutorial seperti Google tetapi dalam bentuk video.

Saya menggunakan Twitter, YouTube,Discord dan google google untuk bersosialisasi dan mempelajari hal hal yang aku tidak tahu.

Saya jarang sekali memainkan Game online. Saya lebih memilih untuk berinteraksi dengan orang luar dan mempelajari bahasa nya, Kan di situ aku juga ketawa-ketawa terus.
Comment Author Avatar
Nama:Zikri rahaman
Kelas:5B

-aplikasi Yang sering saya buka adalah:WhatsApp, youtube, game online(Mobile legend),Minecraft.

-aplikasi ini sememuanya tentang pembelajaran dan permainan.

-Bagi saya semua aplikasi ini dapat mengurangkan perasaan jenuh dan bosan saat di rumah,untuk melihat pelajaran dan soal soal pembelajaran yang sudah di pelajari maupun yang belum pernah di pelajari di sekolah.

-Selain bisa di gunakan sebagai media komunikasi juga bisa mencari berbagai informasi.

-Ya saya juga merasa tertarik untuk membuat aplikasi tersebut.
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Nayaka lintang khadafi

Aplikasi yang sering saya buka adalah

1.Wa (watshapp)

Wa adalh aplikasi untuk berkomunikasi jarak jauh

2.youtube

Youtube adalah aplikasi untukmenonton suatu tayangan dan manfaat nya adalah untuk menghibur penonton
Comment Author Avatar
Safina Qianny Wafa
5B

Seperti nya akan membantu sekali untuk menggali dan mengenal minat serta potensi anak... Dan anak² mungkin akan lebih seru belajar nya...

Jawaban di Atas

1.) Instagram
2.) WhatsApp
3.) Telegram
4.) YouTube

2.) Medsos dan terkadang juga di gunakan untuk mencari informasi tentang pelajaran

3.) Selain sebagai media komunikasi, saya juga dapet mencari informasi" Tentang pelajaran dan informasi tentang idola saya, dan untuk menonton film di rumah.

4.) Kurang tertarik pak, karena saya lebih suka menggunakan daripada membuat nya
Comment Author Avatar
Nama : muhamad abrisam
Kelas : 5a
Aplikasi YouTube, media social dan pembelajaran. untuk menonton film, menambah wawasan, dan untuk belajar.
Ya saya tertarik.
Comment Author Avatar
Assalamualaikum pak
Nama:aisyah putri
Kls:5A

Tiktok:(media sosial)

Tiktok termasuk aplikasi media sosial
Yg bermanfaat untuk bersenang - senang

Terimakasih,maaf jika ada yg kurang benar...🙏
Comment Author Avatar
Assalamualaikum Pak Galih

Nama = Asty Chairunnisa
Kelas = 5a

1. Youtube
2. Pelajaran
3. mencari tahu tentang pelajaran tersebut
4. Iya saya tertarik

Terima kasih Pak Galih
Comment Author Avatar
Nama : vannesa aulia shavira
Kelas : 5b

1.- youtube
- whatsapp
- google

2. untuk melihat pelajaran ayang dishare pak guru

3.untuk melihat animasi yang saya suka dan mencari soal soal untuk belajar dirumah

4.tertarik
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum Pak
Nama : Ryvano Wibowo
Kelas : 5B

1. YouTube
2. Pelajaran
3. Dari aplikasi YouTube kita bisa belajar, mendengarkan lagu dan lain lain
4. Ya, saya tertarik untuk membuat aplikasi yang menguntungkan bagi orang lain
Comment Author Avatar
Nama : Rayhanah Nur Zahidah
Kelas : V.A

Aplikasi yang saya sering buka adalah...
- Youtube
- Whatsapp
- Game

Manfaatnya...

Youtube : mencari hiburan,dan pelajaran

Whatsapp : berkomunikasi dengan teman dan keluarga yang jarak nya jauh.

Game : untuk menghibur saya saat saya sedang merasa bosan



Comment Author Avatar



Jawaban yg ada di atas


1). Aplikasi² yg biasa saya gunakan adalah

- YouTube
- Google
- WhatsApp
- Minecraft
- Ibis Paint X


2). Aplikasi² tsbt bagi saya adalah Medsos, Permainan, & Pelajaran




3). Aplikasi² tsbt memberikan saya Ilmu, Kesenangan, & melatih saya utk menggambar di HP




4). Ya, Saya sangat tertarik untuk membuat Game (Permainan),


Trmksh.
Comment Author Avatar
وعليكم السلام ورحمة الله وبر كا ته .

Cerdas Ramah Berakhlak Mulia...
Haloo Pak Galih...

Inzezar kelas 5B mau berkomentar ya pak

1. Pengalaman Zezar adalah sebelum covid 19 aku tidak memiliki handphone pas ada covid 19 aku memiliki handphone, tetapi efeknya aku jadi terlalu banyak menghabiskan waktu dengan handphone.

2. Zombie VS Plants, WhatsApp, Instagram, Township, Quizizz, Zoom meeting, Cerdas Cermat.

3. Semua saya buka

4. Untuk media pembelajaran
Untuk media sosialisasi
Untuk media permainan

5. Iya tentu saja


Terima kasih pak.🙏🏻🙏🏻🙏🏻
Comment Author Avatar
Nama = Aulia Maharani Putri Hariyono
Kelas = 5a

Aplikasi yang sering saya gunakan
1. WhatsApp
2. YouTube
3. Game online
4. Google

Manfaatnya, bisa bersantai-santai sebentar setelah belajar, itu pun saya tidak bermain lama.

Mungkin nanti game salah satu aplikasi yang sering saya mainkan dapat menjadi inspirasi saya membuat aplikasi baru yang bermanfaat baik.
Comment Author Avatar
Assalamualaikum...
Nama: Farahdina
Kelas:5B

1. YouTube, Game online ( Mobile legend dll), Google, WhatsApp

2.Permainan dan pelajaran

3.Memberikan ilmu,pengetahuan,Kesenangan,kecerdasan,wa dengan sopan

4.Tertarik
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu pak Galih nama Rizky Ramadhan Andreansyah kelas 5B
Ohh jadi ini rekor-rekor anak anak muda, yang hebat

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Assalamualaikum pak galih
Nama : sultan
Kelas ; 5 A

Aplikasi yg sering saya gunakan
1 . What's app ( WA)
Karena bisa komunikasi jarak jauh

2. YouTube
Untuk menonton tayangan yang bermanfaat seperti
Belajar matematika dan yang lainnya
Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Comment Author Avatar
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu pak Galih nama Aljibran Junior P. kelas 5A
Ohh jadi ini rekor-rekor anak anak muda, yang hebat hebat dan pendidikankan nya yang sangat bagus .
Comment Author Avatar
Aplikasi yang digunakan banyak. Youtube, chrome, portal berita (tapi harus sama orang tua), whatsapp, sky map, ipusnas, draw kawaii, quizziz, game masih banyak yang lain.

Biasanya untuk baca berita, nonton pelajaran/pengetahuan/hiburan, liat rasi, planet, baca buku, belajar, dan lain-lain.

Vitaya
Comment Author Avatar
Aplikasi yang digunakan banyak. Youtube, chrome, portal berita (tapi harus sama orang tua), whatsapp, sky map, ipusnas, draw kawaii, quizziz, game masih banyak yang lain.

Biasanya untuk baca berita, nonton pelajaran/pengetahuan/hiburan, liat rasi, planet, baca buku, belajar, dan lain-lain.

Vitaya
Comment Author Avatar
Apa nama aplikasi di HP apa yang sering kamu buka?

Browser

Apakah itu tentang permainan atau media sosial atau pelajaran?

Media sosial dan pelajaran

Apa manfaat aplikasi tersebut bagi kamu?

Manfaatnya bagi saya yaitu, saya bisa menonton youtube edukasi lewat browser, saya bisa mencari soal-soal latihan online untuk dipelajari.

Kira-kira, apakah kamu tertarik bisa membuat aplikasi seperti itu?

Tertarik, tapi pasti membutuhkan modal yang besar 😁

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat. :)

"Cerdas, Ramah, Berakhlak Mulia"
- Guru Galih -